mbah google

Rabu, 06 Januari 2010

Tips Mencegah Pencurian Laptop

Keberadaan laptop atau netbook juga notebook memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari, apalagi bagi para pelajar, dengan laptop di tangan berarti kita bisa leluasa dan tentunya mudah dalam mengakses berita maupun mengerjakan tugas sehari-hari. Seiring dengan menjamurnya pengguna laptop, aksi pencurian laptop pun menjadi hal yang berkembang secara cepat di dunia kriminal.

Lalu bagaimana usaha untuk mencegah terhadap aksi pencurian laptop ini? tips sederhana berikut mungkin akan membantu anda dalam mengamankan asset yang berharga bagi kehidupan anda.

Simpan di tempat yang Aman
sudah menjadi keharusan, jangan pernah pernah menyimpan laptop Laptop anda begitu saja ketika anda meninggalkannya. Meskipun anda berada di Kantor atau Kampus, saat anda meninggalkannya sebaiknya simpan Laptop anda di laci/ locker yang terkunci rapat.

Jangan Pamer dan Kelihatan Mencolok saat Anda membawa Laptop.
Saat anda terpaksa harus membawa laptop dalam perjalanan anda (terutama bila anda jalan kaki) akan lebih aman bila anda membawa laptop dalam kantong/tas yang tidak mencolok (misal dalam BackPack) daripada anda menggunakan/menjinjingnya dalam Tas/Kantong Laptop yang bertulis merek laptop anda, yang tentu saja akan sangat mengundang perhatian pencuri.

Hindari Meninggalkan Laptop Anda Tanpa Pengamanan
Saat anda terpaksa harus meninggalkan Laptop anda di mobil, jangan pernah menyimpannya begitu saja di jok mobil sehingga setiap orang bisa melihatnya dari luar. Simpanlah Laptop di tempat yang tertutup rapat dan terkunci, misal anda bisa menyimpannya di bagasi mobil, dengan demikian aksi pencurian pun bisa dicegah seminimal mungkin.

Beri tanda-tanda Pengenal pada Laptop Anda
Hal kecil namun setidaknya bakal membuat pencuri berpikir ulang untuk mencuri laptop anda, dengan memberikan tanda-tanda pengenal sederhana misal sticker, barcode atau grafiti di laptop anda. Seperti kita ketahui, seorang pencuri biasanya mencuri laptop untuk langsung menjualnya kembali, nah tanda-tanda pengenal tersebut akan membuat laptop anda kurang diminati oleh si pencuri.

Instal Software Untuk Melacak Pencuri Laptop
Instal lah software tracking seperti Adeona atau LocatePC yang akan sedikit membantu anda dalam melacak posisi Laptop bila suatu saat Laptop anda dicuri oleh pencuri. Cara Kerja software tracking seperti LocatePC/Adeona sangat sederhana, saat si pencuri mencuri laptop anda dan menggunakannya untuk internetan misal untuk mengirim email atau browsing, secara otomatis LocatePC/Adeona bakal mengirimkan informasi tentang IP Address dimana laptop anda terkoneksi, nama wireless network yang digunakan untuk koneksi internet (Hotspot Wifi) dan bahkan photo. Semua informasi tersebut akan secara otomatis dikirim ke email anda tanpa disadari oleh si pencuri. Software tracking ini hanya berfungsi dan berjalan, jika laptop anda terkoneksi ke internet dan tentunya si pencuri belum menginstal ulang laptop anda.


www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Comments

Recent Posts