mbah google

Rabu, 06 Januari 2010

MENCEGAH GIGI BERLUBANG

Gigi yang berlubang jika nggak dirawat dapat menimbulkan gigi keropos dan sekecil apapun lubang gigi sebaiknya dirawat. Ayo siapa yang giginya udah berlubang? Adapun untuk mencegah gigi berlubang beberapa kiat yang perlu diperhatikan, yaitu:
1. Mengurangi makanan lengket seperti cokelat, dodol, permen dll.
2. Rajin sikat gigi. Lakukan sikat gigi tiap selesai makan atau minimal 2 kali sehari yakni pagi dan malam hari menjelang tidur. Jika kita tidak sikat gigi, sisa makanan selama 24 jam akan berubah menjadi asam. Asam ini menjadi media bagi kuman untuk berkembang.
3. Gunakan sikat gigi yang lurus sesuai usia kita dan berbulu lembut.
4. Sikat gigi dengan pasta gigi.
5. Sebelum sikat gigi, berkumur terlebih dahulu untuk melembabkan gusi.

6. Teknik sikat gigi mulai dari gigi belakang bawah dengan gerakan dari arah leher gigi menuju arah tumbuh gigi dengan gerakan naik turun. Lanjutkan bagian luar antara pipi dalam dan bagian dalam antara lidah dan gigi, diteruskan pada bagian depan gigi bawah dengan gerakan naik turun juga dari leher gigi menuju bagian atas gigi. Teruskan bagian dalam dan luar gigi menuju bagian oclusol (bagian mengunyah) dengan gerakan maju mundur. Lakukan sama pada rahang atas dan bawah. Tiap gerakan di masing-masing sisi dilakukan minimal 8 kali gerakan.
7. Setelah itu berkumur untuk membersihkan sisa-sisa kotoran. Sikat gigi harus diganti jika bulu sikat udah rontok, rusak atau melebar sehingga tidak nyaman atau tidak efektif lagi digunakan sebagai sikat gigi.
8. Nggak semua bagian gigi bisa tersapu bersih dengan sikat gigi, karena itu pemakaian benang gigi (dental floss) juga perlu untuk membersihkan daerah yang sulit dijangkau oleh sikat gigi terutama daerah antara gigi (interdental) dan gigi yang berjejal. Gunakan benang gigi khusus bukan benang jahit.
9. Bersihkan karang gigi dan lakukan pemeriksaan gigi rutin tiap 6 bulan.

www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Comments

Recent Posts