mbah google

Minggu, 08 November 2009

SAHABAT YANG TULUS

Apa sih arti sahabat buat gw, sedang di dunia jaman sekarang ini susah banget nyari sahabat yang tulus tanpa pamrih, tapi gw yakin di dunia ini nggak ada yang nggak mungkin, apalagi namanya sahabat sejati pasti ada. Cuma saat ini gw belum nemuin itu.

Menurut gw sahabat yang tulus sama kita itu mempunyai ciri-ciri:

  1. Tentunya itu orang bertaqwa terhadap allah SWT, sebab kalau itu orang takut akan tuhannya, gw yakin dia tahu betul bagaimana cara memperlakukan makhluk ciptaanNYa. Dan dia akan sangat berhati-hati menjaga perasaan sahabatnya.
  2. Kejujuran ; setiap orang yang jujur dalam keseharianya, maka dia akan dipercaya orang. Dan akan segan buat menyembunyikan sesuatu.
  3. Dapat menutupi kekurangan sahabatnya; sejelek apapun sahabatnya , sehina apapun sahabatnya, insya allah dia mampu menjaga rahasia. Dan tidak mengumbar ke orang lain, sehingga dapat mempermalukan sahabatnya sendiri.
  4. Ketulusan; terkadang dalam bersahabat sifat yang tulus itu sangat susah, butuh kesabaran dan keikhlasan, sebab manusia itu di ciptakan punya akal dan nafsu, tergantung bagaimana cara kita menyeimbangkan antara nafsu dan akal, jangan sampai nafsu yang mengendalikan akal kita, kalau itu sampai terjadi maka akan terjadi perselisihan dan sikap ingin menangnya sendiri.
  5. Mengalah; dalam hal ini mengalah bukan berarti kalah, tapi cukup mengalah agar tidak terjadi perselisihan, sahabat yang baik biasanya lebih memilih diam agar persahabatan tetap utuh, dan lebih memilih menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.
  6. Dewasa ; maksud dewasa bukan di lihat dari umurnya tapi dari pemikiranya, dan dia mampu membedakan mana yang baik dan buruk buat sahabatnya, dan dia akan selalu mendukung apapun yang membuat sahabatnya bahagia dan dia juga akan menasehati seandainya sahabatnya itu sudah melanggar norma-norma agama.
  7. Dia akan bahagia kalau kita bahagia, dia akan tertawa kalau kita tertawa, dia akan bersedih kalau kita sedih, dia akan senantiasa mendengarkan segala keluh kesah kamu, dia akan selalu ada di saat kamu butuhkan. Terkadang sahabat sejati itu ada justru saat-saat kamu lagi susah, dan dia tidak akan pernah mengungkit-ungkit segala sesuatu yang telah dia lakukan buat kamu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Comments

Recent Posts